MEMAHAMI GENRE DALAM BAHASA INDONESIA

Seleum memberikan ulasan tentang Genre ada harapan yg terdalam dari lubuk hati saya semoga permasalahan pemahaman tentang materi ini dapat terselesaikan bila ulasan tentang materi ini menggunakan bahasa indonesia yang merupakan bahasa yang kita pakai sehari hari.

PEMBAHASA
Jenis-jenis teks dalam bahasa inggris memiliki ciri dan fungsi yang berbeda antara satu teks dengan teks lainnya.
A. Narrative
Teks jenis ini adalah: Berupa cerita atau dongeng, bisa berupa fabel, mistery, cerita rakyat dari sutu daerah atau negeri tertentu. Kebanyakan fiksi/khayalan tapi bisa juga kisah nyata, yang mengarah pada suatu krisis / konflik / permasalahan yang pada akhirnya menemukan suatu penyelesaian, baik happy ending maupun sad ending. Cenderung merupakan hiburan atau nina bobo / pengantar tidur belaka. Biasanya mengandung nilai/pesan moral.
Tujuan dari teks seperti ini adalah hanya untuk menghibur pendengar atau pembaca. Maka kalau ada pertanyaan seperti "What is the purpose of the text" jawabannya adalah To entertain atau to amuse the readers or listeners. Entertain dan amuse artinya sama, menghibur.

Struktur Teks (Kerangka minimal)
Orientasi : pengenalan tokoh, waktu dan tempat.
Complication : pengembangan konflik
Resolution : penyelesaian konlik/masalah

Ciri kebahasaan
Yang paling menonjol dalam cerita ini adalah Penggunaan Tenses "Past Tense" yakni penggunaan kata kerja bentuk II seprti lived, stayed, had dan TO BE-nya was dan were.
Penggunaan konjungsi untuk mengurutkan peristiwa seperti; then, after that, soon, dsb. Dan biasanya diawali dengan Once upon a time, A long time ago, One day, Once….….

B. Recount
Jenis Teks ini adalah: Merupakan Laporan peristiwa, kejadian / pengalaman masa lampau. Jadi dalam teks ini menceriterakan (tell) pengalama seseorang (bukan kambing atau benda lho), bisa pengalaman penulis atau orang lain yang diceriterakan kembali (retell) oleh penulis.
Tujuan Komunikatif teks
Melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibur.

Kalau dipertanyakan tujuannya, jawabnya To tell/retell past event atau bisa juga To tell/retell the experience of seseorang.

Struktur Teks
• Pengenalan , yaitu memberikan informasi tentang siapa, dimana, dan kapan
• Rekaman peristiwa, kejadian atau kejadian yang terjadi, yang biasanya disampaikan
dalam urutan kronologis.
• Komentar pribadi dan/atau ungkapan penilaian.
• Pengenalan ulang yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan
Yang inti adalah poin 1 dan 2, yakni Orientation dan rentetan events 1, 2 dan seterusnya.
Ciri
Banyak persammaan dengan Narrative, menggunakan Past Tense. Yang membedakan adalah dalam Recount ini tadak ada konflik dan pemecahan. Hanya berupa rentetan peristiwa. Biasanya ditandai dengan penuturan waktu, seperti tahun, bulan ataupun hari yang sudah terlewati; In 1992…… On April 2006, On Monday last week, etc.


C. Analytical Exposition (Eksposisi Analitis)
Tujuan Komunikatif Teks
Memaparkan dan mempengaruhi audience (pendengar atau pembaca) bahwa ada masalah yang tentunya perlu mendapat perhatian.
Struktur Teks
• Pernyataan pendapat (Thesis)
Apa sih Thesis itu? Yaitu sebuah pernyataan / lontaran pendapat penulis karena persepsi dia sendiri terhadap suatu fenomena social ataupun alam. Contoh: Kamu beranggapan bahwa pemilihan kepala daerah secara langsung itu tidak bermanfaat, malah beresiko terjadinya konflik. Ini adalah Thesis kamu. Selanjutnya untuk meyakinkan pembaca kamu kemukakan alas an-alasan yang mendukung gagasas atau Thesis kamu itu. Terakhir kamu simpulkan dengan tanpa perlu / tidak ada saran atau rekomendasi kepada pemerintah untuk mengubah keputusan tentang PILKADA tersebut di atas.
• Argumen, terdiri atas "point" yang dikemukakan dan "elaborasi"
• Penguatan pernyataan berupa Kesimpulan.
Ciri Kebahasaan
Menggunakan Simple Present (Present Tense). Biasanya menggunakan Connective Idea seperti; Firstly, Secondly, dsb.


D. Hortatory Exposition (Eksposisi hortatory)
Tujuan Komunikatif Teks
Memaparkan dan mempengaruhi audience bahwa sesuatu seharusnya demikian atau tidak demikian.
Struktur Teks
• Pernyataan issue yang dipersoalkan (Thesis)
• Argumen: berupa alasan mengapa ada perhatian atau keprihatinan, dan mengarah ke rekomendasi
• Rekomendasi: pernyataan tentang bagaimana seharusnya atau tidak seharusnya.
Ciri Kebahasaan
Sama dengan Analitical, yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam teks ini kesimpulan terakhir berupa Recommendation (anjuran) menggunakan Modality seperti MUST / SHOULD.


E. Procedure (Prosedur)
Tujuan Komunikatif Teks
Memberi petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah
Struktur Teks
• Tujuan kegiatan (Goal)
• Bahan-bahan (Materials)
• Langkah-langkah (Steps)
Ciri Kebahasaan
* Menggunakan pola kalimat perintah/imperative, misalnya Cut…potonglah, Pour the …
tuangkanlah…!
* Connective untuk mengurutkan kegiatan, misalnya Fisrtly, then, while…dsb.
Contone : How to use Cotex Body Fat ..Eh, salah apa yah…. :). Langklah-langkahnya gemana hayyooo?!

F. Anecdote (Anekdot)
Tujuan Komunikatif Teks
Menceritakan (berbagi cerita) kejadian / peristiwa lucu/nyeleneh/tidak biasa/memalukan berdasarkan khayalan atau peristiwa nyata yang bertujuan menghibur. Maka kjalau ada pertanyaan apa The Purpose dari text macam ini jawabnya adalah To share atau to amuse the readers with unusual experience. Namun kadang kalimatnya tidak plek kaya kue.
Catatan: Kata Anecdote di sini beda dengan istilah dalam bahasa Indonesia berarti cerita lucu. Di sisni lebih mirip dengan cerita bahasa Indonesia "APA TUMON".
Struktur Teks
• Abstraksi (merupakan pertanyaan retorik yang memancing pendengar/pembaca untuk berpikir tentang apa yang akan disampaikan.
• Pengenalan (orientasi)
• Krisis
• Tindakan (Reaction)
• Koda (hikmah)
Ciri Kebahasaan
Tenses : Past Tense


G. Review (Ulasan atau Tinjauan)
Tujuan Komunikatif Teks
Melakukan analisa dan kritik terhadap peristiwa atau karya seni untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai, misalnya film, pertunjukan, buku, dll.
Tujuannya berarti To analyze atau to criticize an art work (film atau buku, dll)
Struktur Teks
• Pengenalan
• Evaluasi 1
• Evaluasi 2
• Tafsir
• Evaluasi 3
• Evaluasi 4, dsb. Jika ada
• Rangkuman
Ciri Kebahasaan
Mengunakan adjective untuk memberikan appresiasi seperti, good, excellent, bad, enchanting, marvelous, dsb.


H. Report (Laporan hasil pengamatan)
Tujuan Komunikatif Teks
Menyampaikan informasi tentang sesuatu apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang dideskripsikan dapat meliputi gejala alam, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala social. Deskripsi sebuah teks report dapat berupa simpulan umum, misalnya tentang Singa. Secara umum berhabitat di semak dan grassland di Afrika. Yang jantan membpunyai rawis (rumbai-rumbai di leher), dan yang betina tidak. Text dengan judul SINGA semacam ini adalah report. Karena bersifat umum. Tapi kalu text itu menceritakan seekor singa tertentu, hasil tangkapan pemburu misalnya. Ini baru deskripsi.
Struktur Teks
• Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klarifikasinya.
• Deskripsi
3. Ciri Kebahasaan
Karena mengungkapkan sebuah fakta / general truth, maka menggunakan Present Tense, yaitu kalau kalimat nominal menggunakan to be is b dan are. Bukan was dan were. Kalau kalimat verbal, kata kerja yang digunakan adalah bentuk I.


I. Description
1. Tujuan komunikatif
Menggambarkan sesuatu (benda, manusia, binatang, tempat, etc) tertentu. Bisa ditengarai dengan nama tertentu. Bicara tentang sekolah adalah masih umum. Madrasah Aliyah, masih umum. Madrasah Aliyah Negeri, masih umum. Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto, juga masih umum. Kalau Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto 1, ini baru KHUSUS.
Struktur Teks
Identifikasi (Menentukan a, b atau c apa yang akan digambarkan)
Deskripsi
Ciri-ciri:
Ben ra bingung, sama dengan Report. Bedakan khusus umumnya saja! Tertentu atau berlaku untuk kelompok.


J. Discussion (Pembahasan)
Tujuan komunikatif Teks
Mengetengahkan suatu masalah (isu) yang ditinjau paling tidak dari 2 (dua) sudut pandang, sebelum sampai pada suatu kesimpulan atau rekomendasi.
Struktur Teks
* Isu
* Pendapat yang mendukung (Pros/For)
Gagasan Pokok 1
Elaborasi (uraian)
Gagasan pokok 2
Elaborasi (uraian)
* Pendapat yang menentang (Cons/Against)
Gagasan pokok
Elaborasi (uraian)
Kesimpulan. Penulis bisa hanya sekedar menyimpulkan atau juga berpihak pada salah satu kubu.
Ciri kebahasaan
Thinking verbs untuk mengungkapkan pandangan, seperti I think, Some people believe, dsb.


K. Spoof (laporan kejadian atau peristiwa lucu)
Tujuan Komunikatif Teks
Menceritakan kejadian, peristiwa aneh atau lucu berdasarkan kejadian atau peristiwa dalam kehidupan nyata yang bertujuan menghibur, yang biasa diakhiri dengan sesuatu yang tidak diharapkan/disangka-sangka (twist / Plintiran)
Struktur Teks
* Pengenalan
* Kejadian/peristiwa/kegiatan 1
* Kejadian/peristiwa/kegiatan 2 (tidak mesti harus lebih dari 1)
* Twist (akhir yang tidak terduga atau lucu/nyleneh)
Ciri
- Past tense
- Tidak menggunakan abstrak (pertanyaan retorik untuk memancing pendengar)
- Lucunya hanya terdapat pada pernyataan atau jawaban yang tidak terduga, dan sekaligus pernnyataan itu menutup sebuah text.


K. News Item (Berita)
Tujuan Komunikatif Teks
Memberitakan kepada pembaca, pendengar atau penonton tentang peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang dipandang penting atau layak diberitakan.
Struktur Teks
* Kejadian inti (Newsworthy event)
* Latar belakang: elaborasi kejadian, orang yang terlibat, tempat kejadian, dsb.
* Sumber informasi : komentar saksi kejadian, pendapat para ahli (orang yang berkompeten
dalam hal yang menjadi pokok berita), dsb.
Ciri Kebahasaan
- Informasi singkat tertuang dalam Headline
- Past Tense

L. Explanation (penjelasan)
Tujuan Komunikatif Teks
Menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau kegiatan yang terkait dengan fenomena alam, dunia ilmiah, social-budaya, atau lainnya yang bertujuan menjelaskan.
Struktur Teks
* Penjelasan umum, bisa untuk menjawab pertanyaan WHY atau juga HOW
* Penjelasan proses
* Penutup
Ciri kebahasaan
- Simple Present Tense
- Banyak menggunakan kalimat pasif (Passive Voice)

Catatan: memang sepintas banyak persamaan dengan teks Prosedur, yang membedakan dalam explanation ini tidak menggunakan bahasa IMPERATIF (kalimat perintah) seperti: Pertama, Masukan………, Tuangkan……, Putarlah…..Tapi lebih merupakan kalimat penjelasan (uraian) yang panjang dengan menggunakan kalimat pasif, yakni kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan ( di atau ter). Dalam kalimat itu terdapat to be (is / are) + Verb III (kata kerja bentuk ke-3).

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL DALAM UJIAN TERKAI DENGAN JENIS JENIS TEKS INI ADALAH:
1. The name of the above text is…..
2. The type of text of the passage above is…..
3. What type of text does the writer use?
4. The genre of text above is……
Semuanya maksudnya sama.
2. Tujan dari text. Pertanyaannya biasanya:
- The purpose of the text above is ………
- What is the social function of the text?
Maksud keduanya sama.
3. Generic structure (Kerangka text). Pertanyaanya biasanya berbunyi:
- The first/the last/paragraph …… functions as……..
- The generic structure of the text for paragraph 2 is …….
- Which part of the text / which paragraph do we call it…. misalnya coda atau
recommendation, thesis, abstract atau yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

أحدث أقدم